Kamis, 21 Juni 2012

catatan kuliah - Antibody


Antibody :
Suatu zat asing yang apabila masuk kedalam tubuh manusia atau hewan tersebut umempunyai sifat merangsang indivu tersebut untuk membentuk zat penangkal yang disebut dengan antibody. Zat atau organ yang dirangsang itu disebut imun.
Antigen dapat berupa bahan kimia/chemical agent, bahan biologi/ biological agent (baktery, virus dll). Didalam tubuh baktery bisa menghasilkan antigen, menghasilkan toksin, menghasilkan enzim.
1 antigen harus mempunyai Syarat syarat antigen :
1.      berat molekul harus paling sedikit 10.000,
2.      harus mempunyai bungkusan asam amino yang menjadi determinant grop / grup penentu
3.      molekul antigen harus mempunya aromatic ring / cincin aromatic yang kaku. Ag / antigen adalah bahan kimia yang sederhana yang molekulnya dibawah 10.000. tetapi bila disuntikan kedalam tubuh dapat menimbulkan antibody. Molekul HAPTEN dapat bereaksi dengan antibody secara specific. Hapten sebenarnya bukan antigen, tetapi bila masuk kedalam tubuh manusia dan berikatan sengan protein didalam tubuh maka akan bersifat antigen.
Alerghi adalah salah satu cabang imunologi yang menunjukan reaksi reaaksi tertentu bila kemasukan antigen. Contoh  : bila seseorang memakan protein dari udang, maka protein udang adalah antigen dan dalam tubuhnya timbul antibody. Bila beberapa bulan kemdian / waktu kemudian dan orang tersebut makan udang lagi maka bereaksi antigen dengan antibody yang telah ada. Reaksi ini disebut antigen antibody. Pada seseorang akan beraksi, tetapi tidak pada orang lain. Alergi adalah hipersensitif, ada empat hipersensitif : 1, 2, 3,4. Alergi adalah hipersensitif tipe 1.
Macam macam antigen :
1.      spesies specific antigen : antigen, yang hanya dijumpai pada spesies tertentu dan tidak ditemukan pada spesies lain.  Pada manusia ada antigen yang tidak dijumpai pada spesies lain. Yaitu, serum protei, Yaitu albumin globulin. Darah manusia terbagi dua : serum darah dan butir butir darah. Serum manusia bisa diberikan kepada manusia lain, karena memiliki antigen yang sama. Persitiwa ini dapat diketahui pada pemberian ATS (anti tetanus serum yang dibuat dari serum kuda), ADS, ARS (anti rabies serum)
2.      individual specific antigen : adalah antigen yang spesific yang dijumpai pada sekelompok tubuh manusia . contoh antigen pada ginjal, jantung, hati, kulit. Transplantasi ginjal !
3.      iso antigen : antigen yang terdapat pada beberapa kelompok individu dalam satu spesies. Contoh golongan darah, artinya dipermukaan eritrosit dijumpai antigen A. golongan darah B dipermukaan eritrosit dijumpai antigen B. golongan darah AB dijumpai antigen AB, gol darah O tidak dijumpai antigen AB.
4.      Heterophil antigen :antigen yang dijumpai pada organ tertentu dari beberapa jenis hewan tetapi juga dijumpai pada organisme pada bakteri lain. Contoh pada jaringan kelinci, juga dijumpai pada eritrosit biribiri.  Contoh lainantigen pada bakteri proteus dijumpai juga pada ricetsia.
ANTIBODI TERBENTUK BILA MASUK ANTIGEN. Antibody adalah specific, jika antigen A yang masuk maka yang terbentuk adalah antibody terhadap A. 
antibody disebut juga
1.      Humoral antigen (Immunoglobulin Ig)
Ab = gama globulin = imunoglobul Ig. Globulin ada tiga : alfa, beta, gama globulin

2.      Cellular antibody
STRUKTUR ANI BODY TERDIRI DARI :
a.      2 rantai polipeptida panjang
b.      2 rantai polipeptida pendek (light chaim – L chaim)
Masing masing dibungkus 2 atom sufida (bisulfida)
Bila dipecah dengan enzyme mercorptoathane, menghasilkan Fraksi 1 dan Fraksi 2, yang bisa berikatan dengan antigen
MACAM MACAM ANTIBODY = IMUNOLOGLOBULIN (Ig)
Berdasarkan pemeriksaan cara : chromatografi / ultracentrifungsi / electrophotesis, bahwa immunoglobulin adalah : hematogen immunoglobulin
1.      Ig G
2.      Ig A
3.      Ig M
4.      Ig E
5.      Ig D
Berdasarkan reaksi Ag – Ab, antigen
1.      Antitoxin
2.      Precipitin
3.      Agglutinin
4.      Lysine
5.      Opsonin
6.      Bacteriocidin
7.      Neutralicing antibody
8.      Complement fixing antibody
9.      Haemoglutination inhibiting antibody
10.  Blocking antybody

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

habis baca, di comment ya mbake bapake :)