Rabu, 21 Maret 2012

FUNGSI KULIT - CATATAN KULIAH CAMAR


Fungsi kulit adalah sebagai :
a.       Pelindung
Jaringan tanduk sel sel epidermis paling luar membatasi masuknya benda benda dari luar dan keluarnya cairan berlebihan darfi tubuh. Melanin yang member warna pada kulit, melindungi kulit dari akibat buruk sinar ultra violet.

b.      Pengatur suhu
Di waktu suhu dingin, peredaran darah di kulit berkurang guna mempertahankan suhu badan. Pada waktu suhu panas, peredaran darah di kulit meningkat dan terjadi penguapan keringat dari kelenjar keringat, sehingga suhu tubuh dapat di jaga tidak terlalu panas.

c.       Penyerap
Kulit dapat menyerap bahan bahan tertentu seperti gas dan zat yang larut dalam lemak, tetapi ait dan elektrolit sukar masuk melalui kulit. Zat zat yang larut dalam lemak lebih mudah masuk ke dalam kulit dan bercampur dengan lemak yang menutupi permukaan kulit. Masuk zat zat tersebut melalui folikel rambut dan hanya sedikit sekali yang melalui muara kelenjar keringat

d.      Indera perasa
Indera perasa dikulit terjadi karena rangsangan terhadap saraf sensoris dalam kulit. Fungsi indera perasa yang pokok yaitu merasakan nyeri, perabaan, panas dan dingin.

e.       Faal pergetahan (fal sekretoris)
Kulit diliputi oleh dua jenis pergetahan, yaitu sabum dan keringat. Getah sabum dihasilkan oleh kelenjar sebaseus dan keringat dihasilkan oleh kelenjar keringat. Sabum adalah jenis zat lemak yang membuat kulit menjadi lentur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

habis baca, di comment ya mbake bapake :)