Jumat, 18 Mei 2012

catatan kuliah - NUTRISI UNTUK IBU MENYUSUI


NUTRISI UNTUK IBU MENYUSUI
Keunggulan air susu ibu :
1.      Bebas dari hama
2.      Temperature asi sama dengan bayi
3.      Mencukupi seluruh kebutuhan nutrisi
4.      Memberikan suplay antibody yang cukup
5.      Pemberian asi memberikan kedekatan secaya psikis kasih sayang ibu terhadap ibu
6.      Member kasih sayang rasa aman, perhatian, dan sangat menolong pada bayi tersebut. Tidak mempunyai jiwa pemberontak. Tidak hanya nutrisi juga kasih sayang.
Yang perlu diperhatikan :
1.      Energy : wanita yang menyusui yang dibutuhkan adalah enegri. 700 kilo kalori. Wanita yang belum hamil dan belum menyusui energy yang dibutuhkannya  2000 kalori. 
2.      Protein yang dibutuhkan 16 gram pertambahan (hamil 1 – 2 gram). Untuk memberikan asupan untuk pertumbuhan bayi (pertumbuhan tulang / epipise/ ujung ujung tulang). Sebelum usia 5 tahun, lebih dari 5 tahun tidak maximum lagi. Untuk menambah sel sel otak.
3.      Dengan vit a, ditambahkan 350 unit. Vit D ditambahkan 10 gram, vit E ditambahkan 12 mlGram, vit K 65 gram, B1 ditambahkan 0,3 gr/ 1000 kalo -> untuk metabolism. Riboflavin +  0,4 ml gram, myasin 3 mlgram, B12 0,13 mlgram, asam float + 50mlgram, vit C untuk proses daya tahan tubuh, kalsium + 400 miligram, mengkonsumsi ikan / minyak ikan, sayuran sayuran berwarna hijau contohnya bayam (yang berpenyakit batu getah bening jangan mengkonsumsi ikan dan bayam), besi 2mg contohnya air tebu, phosphor 300 mg. susu sangat rendah Fe. Seng + 10mg, selenium 25 mg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

habis baca, di comment ya mbake bapake :)